Teknik melewati jalanan rusak – bumpy road (safety riding course)

Safety Riding

Speed Bump

Halo Biker, kita lanjut kembali artikel seri safety riding course, salah satu modul yang umum diajarkan adalah modul melewati jalanan rusak. Dalam modul ini biasanya ada beberapa simulasi rintangan seperti jalanan bergelombang (speed bump) dan rintangan model speed trap (seperti papan tangga yang berisi ruas-ruas sejajar) penghalau kecepatan. Nah berikut adalah teknik dasar bagaimana cara melewati modul rintangan ini.

Simulasi untuk speed bump yang mirip polisi tidur disusun berjajar, yang perlu diperhatikan adalah riding posturenya dibenarkan. Ketika melewati modul ini, pastikan badan diangkat setengah berdiri, agak condong ke belakang dengan posisi kaki (betis) menjepit jok/tangki motor. Badan diangkat setengah ini dimaksudkan agar guncangan motor tidak mencederai langsung tulang ekor di pinggang belakang, manfaat lainnya agar pandangan mata tidak ikut goyang oleh rambatan guncangan motor. Pandangan menjadi salah satu kunci keseimbangan, jadi pastikan pandangan tetap dibuat jauh ke depan tidak menunduk.

Posisi badan berdiri agak condong ke belakang dimaksudkan agar distribusi bobot anda pindah ke belakang sehingga roda depan lebih mudah keluar dari setiap rintangan yang mengenai roda depan. Posisi kaki diusahakan menjepit jok/tangki dimaksudkan agar distribusi bobot pengendara dan motor lebih menyatu sehingga motor mudah dikembalikan.

Untuk posisi kedua tangan dibuat siku atau membentuk huruf “V” tidak lurus, ini agar anda bisa mendapatkan suspensi alami sehingga guncangan motor tidak mencederai bahu.

Posisi jari-jari tangan sama tidak boleh standby di rem depan, rem belakang maupun kopling. Atur bukaan gas tetap berakselerasi konstan dan lalui modul jalanan rusak ini dengan pelan-pelan, bukan dengan terburu-buru ingin cepat terlewati.

Objektifnya di jalan raya jika ketemu jalanan rusak bergelombang anda bisa mengaplikasikan teknik dasar ini, tapi kalau berboncengan gimana? Pastinya gak mungkin berdiri namun tetap lewati medan jalan rusak secara lebih pelan untuk mendapatkan kenyamanan bersama.

Semoga bermanfaat.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

0 thoughts on “Teknik melewati jalanan rusak – bumpy road (safety riding course)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *