Ganti tabung as shock depan NJMX akibat baret halus

Perawatan Motor

ganti tabung as shock NJMX

Halo Bikers, kemarin Elang menjadwalkan si MX Strada untuk masuk ke beres melakukan penggantian tabung as shock depan motor yang sudah berusia hampir 5 tahun (118.000km lebih). Sudah pasti sebelumnya inden dulu spare part yang memiliki kode 50C-F3110-00 (INNER TUBE COMP.1) seharga Rp. 135rb x2

Penggantian ini berdasarkan review setelah sebelumnya sempat ganti seal shock depan kok beberapa hari kemudian oli shock masih merembes keluar dan terlihat kasat mata di tabung as. Ketika sudah semakin parah Elang rasakan kinerja suspensi depan akhirnya balik lagi ke bengkel untuk ganti seal baru, waktu itu menduga sealnya yang gak bagus.

Ketika melakukan penggantian seal yang kedua, sang mekanik di beres pun menyampaikan ke Elang bahwa tabung as shock perlu diganti karena sudah baret halus. Nah betul juga, tadinya Elang gak kepikiran sama tabung asnya yang aus karena jika diperhatikan kasat mata permukaan tabungnya masih mulus, tidak ada baret kasar terlihat. Namun sang mekanik yang lebih berpengalaman mengutarakan baretnya halus mas seperti rambut.

Oalah masuk akal juga, dengan kerja suspensi depan yang cukup berat wajar lubang atau celah serambut saja sudah lebih dari cukup untuk oli yang bertekanan bocor keluar. Yo wis akhirnya Elang putuskan ganti tabung asnya sekalian pada hari itu. Namun karena spare part tabung as termasuk yang bukan fast moving bilangnya harus inden..hadeuh sabar deh.

Setelah hampir 2 bulan berlalu dengan kondisi oli berselemak di sekujur tabung as shock depan, Elang akhirnya melakukan inden spare part yang perlu diganti. Indennya tergolong cepat gak sampai seminggu, kalau gak salah baru 5 hari sudah dikabari bengkel kalau spare part sudah sampai.

Harga Tabung As Shock NJMX

Last setelah tabung as diganti, Elang langsung review jajal MX Strada jalan-jalan sejauh 50 kilometer dan tampak sekujur body tabung shock depan masih kinclong tidak ada lagiĀ  rembesan oli. Dan dirasakan buat manuver juga suspensinya kembali nyaman tidak ada gejala setang liar ke kanan dan kiri karena shock kekurangan oli. Btw jadi kepikiran gimana ya kalau semua pabrikan motor khususnya yang desain spakbor depan mirip sport (seperti njmx dan kebanyakan ayago) seragam memberikan cover tabung shock sehingga tabung terlindungi dari benda-benda keras.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *