Perdana mengalami rantai putus saat berkendara bersama MX Strada

image

Halo Biker buat sobat sekalian, Senin pagi mengawali aktivitas harian Elang mengalami kendala dengan si MX Strada. Yup akhirnya Elang mengalami apa yang selama ini dikhawatirkan, putus rantai di jalan. Syukurnya entah kenapa sejak dari rumah feeling Elang ingin berkendara santai aja, padahal biasanya selalu ingin hi-speed terus jika ada jalanan lowong dikit.

Sejak dari MT Haryono Cawang sudah kedengaran suara seperti besi ketemu besi yang beradu, keras banget suara di bawah jok. Feeling udah langsung menuju ke rantai yang kini sudah berumur 41.000an km, masih kalah awet dengan gearset sebelumnya yang sejak baru mampu menemani Elang hingga 52.000km lebih. Ya mungkin wajar maklum mas bro gearset yang sekarang ini dulunya gado-gado yang mana gear depan pakai punya old Vixion, gear belakang pakai Jupiter Z burhan dan rantai pakai punya RX-King 😀
image

Berharap rantai masih bisa diajak kompromi hingga sampai di kantor tapi ternyata baru sampai Tegal Parang suara kemrosak besi yang beradu makin menjadi-jadi coba melipir ke kiri jalan ternyata suara tadi berasal dari rantai yang sedang proses mau lepas dari gigitan gearnya. Yup ternyata rantai lepas dengan sendirinya saudara-saudara tidak putus. Hati ini berucap alhamdulillah kalau saja tadi rantai putus saat dipakai jalan kencang, hm..gak kebayang momen fatal yang akan terjadi.

Yang bikin Elang masih bertanya adalah kemarin itu rantai Elang periksa tidak ada gejala longgar, tapi kenapa rantai bisa lepas begini ya. Bisa jadi rantai salah satu mata rantai memang sudah akan putus sehingga longgar tidak klop dengan mata gear saat roda berputar.

Update:
Hm..ternyata laher/bearing kiri roda belakang juga oblak, bisa jadi ini biang kerok rantai motor terlepas. Dicek mata gear juga sudah mulai agak tajam-tajam. Yo wislah positif ganti semuanya sekalian juga ganti kanvas cakram depan yang sudah tipis.
image

Last dengan kejadian ini gearset MX mau gak mau kembali ke ori standar lagi menggunakan mata gear 14/38. Alamat topspeed kembali ke semula nih 115kpj 🙁 yo wis rapopolah yang penting dengan penggantian gearset ini MX Strada yang sudah menempuh jarak lebih dari 95.000km ini menjadi motor standar terawet yang Elang miliki. Overall Elang puas dengan MX Strada, menunggu detik-detik odometer menunjukkan angka 100.000km itu sesuatu.

10 Komentar

  1. Mau nyobain ganti gir set ah biar tambah kenceng, standar ajah ini udah. 120kmpj,kira kira kalau ganti gir set tembus 125kmpj ga om?

  2. sekedar nasehat,harus sangat diperhatikan ttg keadaan rantai & gearnya om,harus sering diperika.bila dah aus segera diganti coz bila tetap dipake maka fatal akibatnya nanti.
    moga si om selalu dilindungi olehNya di jalan,saya baru saja kehilangan teman dekat linuxer yg mengalami kecelakaan di jalan.jangan sampe si om jatuh gara2 rantai yah om

    • terima kasih kang nasehatnya, but untuk case yang kemarin bukan kesalahan rantai, tapi laher gear yang udah hancur gak karuan, karena bendanya di dalam gak kepantau 🙁

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*