Persiapan Road Adventure Lintas Sumatera 2014 by New Jupiter MX

Touring MX Strada

Halo Biker, sobat sekalian via artikel ini Elang ingin sedikit share tentang persiapan long touring adventure New Jupiter MX melintasi jalur lintas Sumatera start dari Jakarta hingga berakhir nanti di kota Medan, Sumatera Utara. Boleh dibilang rencana ini sudah hampir setahun terpending yang harusnya terlaksana Agustus 2013 kemarin, karena banyaknya urusan dan kepentingan terutama di lingkungan kantor yang lagi berbenah-benah divisi, akhirnya pikiran Elang gak terfokus untuk planning road adventure ini.

Ini adalah kedua kalinya Elang akan melakukan solo riding ke pulau Sumatera melintasi lintas Sumatera yang terkenal itu, baik lintas tengah maupun lintas timur. Kok sendirian bang? Lah iya bagi Elang lebih nikmat perjalanan ini dilakoni dengan sendirian, ada kenikmatan tersendiri saat berada di tempat-tempat asing sendirian. Lagipula jika Elang mengajak salah satu teman untuk ikut bareng belum tentu ada yang mau 😀 Dari pengalaman yang pertama dulu, road adventure menuju kota Medan sukses tanpa ada kendala, sayangnya waktu itu keterbatasan alat dokumentasi sehingga tidak banyak foto-foto yang bisa disajikan, jamannya masih kamera film, roll filmnya entah terselip dimana, hadeuh.

MX Strada umurmu tergantung lahirnya motard 250cc..
MX Strada umurmu tergantung lahirnya motard 250cc..

Makanya road adventure kedua ini akan Elang tekankan untuk perbanyak dokumentasi, khususnya jika melewati tempat-tempat yang menjadi icon di daerah. Ada makna tersendiri saat berkendara ratusan bahkan ribuan kilometer melintasi jalur Sumatera, boleh dibilang ini adalah perjalanan bathin bagi Elang secara pribadi. Kedekatan kepada yang Maha Pencipta begitu kental terasa saat dalam kesendirian di tengah kawasan hutan-hutan Sumatera. Ditambah setiap melewati keindahan panorama sepanjang Bukit Barisan dan daerah-daerah lainnya, getaran-getaran sanubari serta rasa syukur begitu derasnya mengalir.

Insyallah sehabis musim Lebaran selesai nanti, planning start road adventure akan dimulai tanggal 3 Agustus 2014. Perjalanan Jakarta – Medan kurang lebih direncanakan akan memakan waktu selama 4 hari 3 malam karena malamnya menginap. 4 hari berada di kota Medan untuk mengeksplore objek-objek Wisata di Sumatera Utara, lalu kembali lagi ke Jakarta selama 4 hari 3 malam perjalanan, jadi total off 12 hari. Alhamdulillah cuti dari kantor selama 10 hari sudah approve, sekarang tinggal melakukan berbagai persiapan.

touring jupiter mx

Persiapannya sudah apa saja, sudah lumayan mas bro sejak seminggu lalu. Mulai dari kamera, kamera action, buku atlas, GPS Navitel di Android, dan besok weekend rencana mau pasang USB Charger di MX Strada untuk mendukung daya piranti elektronik bekerja maksimal menemani perjalanan. Untuk piranti keselamatan, Jaket, Glove, Boots, Knee Protector dan helm Fullface sudah ready.

touring puncak

Sedangkan untuk motornya sendiri keadaannya saat ini cukup fit walau kilometer sudah hampir menyentuh 90.000km. Kemungkinan 2 minggu ke depan MX Strada coba mau diservice besar dulu mesinnya…ckckck..sudah sejauh ini belum diservice besar juga..dasar bandel. Lalu gear set nampaknya akan ganti ke ukuran standar semula, walau baru berumur 36.000km usia rantai tapi Elang pikir lebih baik ganti aja balik ke ukuran standar.

Bersamaan dengan service besar besok berarti filter udara, filter oli dan air radiator sekalian diganti dah biar gress. Sedangkan busi, kanvas rem karena masih baru diganti nampaknya masih cukuplah untuk melibas 4200km pulang pergi dalam road adventure besok.

Last untuk motor tidak banyak ubahan, cukup utility top box dan kombinasi tas ransel yang ditaruh di dek sudah cukup ideal untuk perjalanan panjang ini. Inilah kelebihan MX bisa naruh barang banyak di area dek, dan dari pengalaman dengan adanya beban di dek depan membuat motor lebih stabil loh 🙂 Ok lihat kalender tinggal sebulan lagi menuju hari H, semoga Elang diberikan nikmat sehat dan kekuatan untuk dapat menjalani salah satu aktivitas hobi ini.

10 Komentar

  1. wah bookmark dulu lah bang 🙂
    semoga diberikan kelancaran menuju perjalanan, waktu perjalanan dan pulangnya nanti. aamiin

  2. Semoga lancar masbro dalam perjalanan pulang nanti.. Saya lebaran nanti ke Solo juga bawa NJMX masbro..
    Oiya betul tuh kata mas Elang kalo tas/bawaan ditaruh di Dek, motor jadi lebih stabil loh ( tiap hari ane taruh tas di dek ) 😀

  3. Salut buat keberanian mas,
    semoga lancar ya perjalanannya, saya orang medan menunggu kedatangan anda. Hati hati mas bro , salam mx

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*