Catatan Service 72.000km, Pantek Rumah Kopling MX Strada

rumah kopling mx

Salam sejuta umat, dari seminggu lalu dirasa feeling di sektor mesin MX Strada ada yang lain, sepertinya di blok mesin bagian bawah. Suara mendengung dan seperti ngilu rasanya. Berawal pas narik kopling kok berasa kedaleman, ngilu rasanya seperti besi ketemu besi tanpa perantara. Sudah disetel kabel kopling tapi suara dengung tidak hilang, hm..kebetulan kejadiannya hari Minggu, mau bawa ke bengkel udah telat kesorean ๐Ÿ™ Akhirnya seminggu ini riding menggunakan MX seperti setengah hati, rada gak tega bejek terlalu kencang.

rumah kopling mx

Sabtu ini walau baru ganti oli berjalan 500km, MX Strada dipaksakan masuk ruang operasi (bengkel resmi, red). Sebelum ke bengkel, hari-hari sebelumnya Elang coba analisa perkiraan komponen apa yang mis/aus kira-kira, sementara mengira mungkin rumah kopling atau mungkin primary driven yang aus (waduh). Setelah tiba di bengkel Elang langsung samperin mekanik kenalan, coba curhat dan mekanik punya analisa menurutnya karet rumah koplingnya yang aus, tapi Yamaha gak jual karetnya, kudu 1 set Bang. Walah 1 set rumah kopling lumayan cek di situs Yamaha, Rp. 375rb gak kemana mas bro ๐Ÿ™ Mekanik kasih opsi lain kalau mau karet imitasi bisa dibawa ke tukang bubut, setelah dipikir-pikir okelah untuk sementara gak masalah pake karet non ori, akhirnya rumah kopling dibawa ke bengkel bubut terdekat.

kanvas kopling mx

Yang menarik, setelah blok sebelah kanan dibuka Elang bisa melihat 5 plat kanvas kopling MX Strada yang masih bagus kondisinya. Ketebalannya masih diambang normal, mekanik pun mengiyakan mengatakan kalau kanvasnya masih bagus. Ya mungkin karena sering rutin ganti oli setiap 1500km sekali, jadi awet.

Hampir 3 jam menunggu karena mekanik nyambi mengerjakan antrian motor lainnya, ba’da sholat Zuhur rumah kopling pun sudah selesai dari tukang bubut dan setelah dipasang Elang langsung penasaran dengan perubahannya. Ohya menurut mekanik kalau dipantek pakai karet imitasi begini, rumah kopling terasa kesat tidak punya clearance saat digerak-digerakan, berbeda saat kondisi ori, ada spasi clearance, katanya sih agar mata primary driven lebih aman gak cepet aus. Hm..gak apa-apa ini terpaksa dipasang untuk 1 tahun saja, next akan diganti dengan part ori.

kilometer njmx

Gimana feelingnya saat sudah dipantek dengan karet non ori rumah koplingnya? Suara dengung agak berkurang tapi sedikit kurangnya, jika dibanding sebelum bermasalah seharusnya suara dengung itu harusnya hilang sama sekali. Lalu untuk feeling tarik kopling dan perpindahan gigi gak ada yang berubah, siplah Elang sudah khawatir saja kalau ada perbedaan rasa yang bisa bikin gak nyaman berkendara di atas MX Strada.

Last usia motor harian yang dipakai bekerja keras setiap hari, rata-rata 3 tahun masih OK, setelah itu biasanya berbagai part jeroan mesin sudah mulai rewel dan kudu dilakukan penggantian. Akhirnya MX Strada mulai mengalami fase itu, apalagi jarak tempuh MX termasuk gak biasa, sudah seperti motor 5 tahunan jarak tempuhnya, ya nikmati sajalah, setiap ada masalah di part-part lain next kedepannya, ada hikmah untuk bisa lebih mengenal karakter si MX, nambah-nambah ilmu juga.

21 Komentar

  1. ternyata g semua mekanik beres paham sparepart aftermarket ??ยชยชยชยช?
    kmren ane servis jagoan ane, busi iridium baru beli disikat kawat.. waaaahh.. mana telat mergokinnya, apes daaahhh

  2. Bro sorry OOT, kalau rute ente pulang lewat jalan mana? saya dari daerah kali malang kalau mau ke cibubur naik motor bingung lewat rute jalan mana yg deket, mohon petunjuknya. thanks B4.

  3. bro Elang mau nanya nih sekedar meyakinkan

    misal ane lagi di gigi 2, jalan santai (ya kecepatan 30 – 35 kpj, di jalan raya)…tiba tiba ada mobil di depan ane berhenti dengan pelan…otomatis ane berhenti juga karena dibelakangnya…

    nah yang ane mau tanyakan adalah,

    1. saat ane berhenti itu, apa sebaiknya tuas kopling motor ditekan full aja? begitu jalan lagi lepas gas dan tuas kopling secara bersamaan

    2. atau ane turunkan gas saja (tidak sampai berhenti tapi), tapi begitu ane gas lagi motor seolah nyentak…??

    motor baru KM 8600 san selama 6 bulan pemakaian (tepatnya sejak pembelian)

    • Kalau berhentinya agak lama mending tuas kopling dibebaskan alias pindah gigi netral.

      Kalau pake motor kopling biar agak smooth gak nyentak pas mulai narik gas diiringi melepas kopling secara perlahan. Butuh pembiasaan beberapa waktu biar pake motor berkopling bisa lebih lembut

      • kalo masalah smooth atau ngga nya, alhamdulillah sejak belajar motor kopling, hanya butuh pembiasaan 1 minggu biar smooth mainin koplingnya

        berhenti nya ngga lama mas Elang, cuman sebentar aja…kaya ente naik motor depan ada mobil berhenti bertahap (pelan pelan bukan mendadak) nah sebaiknya turunkan gas tapi tidak menekan tuas kopling, atau turunkan gas sambil menekan tuas kopling?

          • oo.ic mas bro, kl kecepatan lagi tinggi trus harus mengerem karena ada kendaraan di depan biasanya turun gas tapi kabel kopling belum ditarik agar ada efek engine brake. kopling baru ditarik jika motor akan benar-benar berhenti agar tidak mati.

  4. Kang mau nanya, abis d pantek ada suara kotok kotok kotok kl lewat turunan terus jalannya pelan pake gigi gede?
    Atau paa mesin msh dingin ada suara plok plok plok ga?
    Ga selama mesin nyala sih, hanya kondisi tertentu pas flywheel nonjok gearbox dan sebaliknya.
    Maksih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*