Riding Harian PP ngantor, tapi kok setelan touring mulu Bang?

MX Touring

Well, menarik bagi Elang menanggapi obrolan ringan bersama tetangga di perumahan yang saban hari pasti ngeliat Elang wira-wiri berangkat kerja di pagi hari. Mungkin bagi beliau agak janggal dan gak biasa ada rider seperti Elang yang demen banget bersetelan lengkap ala mau touring padahal cuma mo berangkat kerja πŸ˜€ Tapi mau gimana lagi kalau sudah menjadi kebiasaan akhirnya menjadi karakter kalau penunggang MX Strada ini setelannya seperti itu πŸ˜€

Sebenernya gak touring-touring amat riding wear yang Elang kenakan, cuman mungkin karena super duper lengkap maka kesan orang yang melihatnya seperti mo touring..ckckck.. Elang coba share apa aja sih pretelan riding wear yang Elang kenakan saban hari melibas jalanan Jakarta – Cikeas. Pertama adalah jaket riding itu sudah pasti, pemilihan jaket yang terakhir Elang kenakan ini Elang ambil dari brand Respiro, review bahasannya ada di artikel terdahulu. Jaket bagi Elang dalam berkendara menjadi pakaian wajib yang kudu dikenakan jika ingin riding. Bahkan cuma jalan berapa ratus meter ke Indomaret terdekat dari rumah selalu pakai jaket. Jika ditanya kenapa harus pake jaket, sudah kebiasaan gak bisa dilepas begitu aja kebiasaan yang sudah mendarah daging…halah πŸ˜€

Endrik

Yang kedua adalah helm full face, yup ini perangkat wajib kedua yang selalu Elang kenakan. Entah kenapa sejak pengalaman pertama menggunakan helm full face sejak Maret 2011 lalu, sudah gak nafsu lagi pakai helm open face. Dengan helm full face jadi terasa lebih nyaman, gak keserang debu jalanan yang luar biasa mengganggu kenikmatan dalam berkendara.

Berikutnya adala sepatu boots, menjadi perangkat wajib buat menemani riding ngantor. Alasannya simpel, lebih pede, aman dan nyaman saat berkendara ditengah hujan. Malah sangking safe-nya beberapa kali kaki terlindas ban sedan gak ada rasanya (sakit, red) yang ada malah seperti lagi dipijit, yang ini true story bro sis. Sampai pernah kejadian lucu saat sepatu boots Elang terjepit oleh sedan ditengah kemacetan. Sang supir gak ngeh kalau ban mobilnya menginjak kaki Elang, so polos seperti merasa gak bersalah. Elang yang merasa gak mampu bergerak karena kejepit di sepatu oleh ban depan kiri mobil tersebut langsung melihat ke si supir sembari mengasih kode untuk maju dikit berbelok ke kanan. Sialnya si supir tetep gak mudeng dengan kode yang Elang berikan, maklum bro sis pake helm full face gak mungkin bisa berkomunikasi baik ditengah momen yang terjadi. Nah tanpa Elang sadari ternyata ada pengendara motor Ibu-Ibu di belakang yang melihat kondisi sepatu Elang terjepit dari tadi. Si Ibu langsung teriak agak keras ke sang supir untuk menggeser mobilnya maju ke kanan. Barulah kaki Elang terlepas dari ban sedan yang baru diketahui itu BMW. Pantes abot tenan makaya si supir gak merasa kalau nginjek sesuatu πŸ˜€

Next sarung tangan sudah pasti selalu ikut kemanapun MX Strada berkelana. Selain untuk perangkat keamanan dan melindungi kulit dari sinar matahari langsung dan juga suhu dingin di malam hari, sarung tangan juga sudah jadi kebiasaan selalu dipakai. Alasannya agar lebih nge-grip memutar gas throtle.

Yang terakhir dan ini mungkin yang mencolok. Elang termasuk yang nyaman berkendara mengenakan perangkat keselamatan knee protector jika rute yang akan ditempuh adalah ke satu tempat yang fix tidak mampir-mampir lagi. Salah satu contohnya ya riding ngantor, dipastikan gak ada acara mampir-mampir lagi. Start dari titik rumah langsung finish di parkiran kantor. Kalau begini menggunakan knee protector justru lebih nyaman bro sis, gak ada kesan ribet sama sekali. Yang bikin ribet itu kalau ada acara mampir-mampir kudu lepas pasang.

Kenapa nyaman berpelindung lutut, salah satunya adalah karena gaya riding Elang yang cenderung bertipikal rider kanan. Lah what the maksud? πŸ˜€ Iya dalam melintasi jalanan Elang lebih suka ambil sisi paling kanan dari jalur alias posisi ditengah jalan jika 2 arah. Posisi ini Elang sukai karena lebih mudah melihat kendaraan lawan arah yang tertutup kendaraan mobil di depan. Keuntungannya tentu lebih mudah untuk melakukan overtake kendaraan di depan karena visual lebih luas berada di sebelah kanan jalur. Dengan knee protector meminimalisir benturan atau senggolan dari pengendara lain dari arah berlawanan yang kadang seenaknya ambil jalur orang.

Last kalau sudah namanya hobi berkendara apa yang dinilai orang lain itu ribet, ternyata bagi si pehobi gak ada istilahnya ribet, yang ada malah kenyamanan. Intinya kembali ke pembiasaan, kalau sudah dibiasakan gak ada lagi istilah panas, gerah, ribet, etc. Gimana setelan bro sis yang lain saat ngantor, monggo dishare πŸ™‚

20 Komentar

  1. Kalo riding jarak deket, jaket kulit, celana pendek, sarung tangan, helm full face, sepatu. Kalo setelan touring, jaket kulit, sarung tangan, sepatu, celana jeans, chest protector.

  2. Ane tadinya seperti itu, untuk kerja, tp jonggol-jakarta gerah pisan, berangkat jam 8.00. Bisa sampai jam 10:00 @kuningan jaksel.dan membuat cepat darah tinggi (mudah marah) jika kegerahan, sekarang ane kerja pk matik, dari awalnya ane pk motorsport. Helm open face+balaclava, baju lengan pendek, jaket dpakai saat pulang, rompi colours, celana jeans, sarung tangan kulit n boots.
    Dengan ditanggalkannya jaket dan pakai helm open face, ane jd lebih cool n ga darah tinnggi.
    Menurut ane percuma pakai full protektor, jika kegerahan yg hanya membuat mudah marah dijalan, kalau dekat2 saja, ane pk sepedah….

  3. kalo saya sih Mas Elang
    saya pke new jupiter Z1
    klo ke sekolah sihh pke sarung tangan jaket kulit helm fullface kadang halface(maklum anak sma bang)
    saya ska diomongin sma kawan saya lengkap bener -_- kayak mw turing, mending motor ninja tapi bebek
    yang pke ninja aja kadang gak pke helm mas hha

    • ini juga true story, dengan mengenakan knee protector entah kenapa pengendara motor-motor batangan pada menaruh hormat dan mau memberikan jalan ama motor bebek Strada ini πŸ˜€

    • betul mas, kadang Elang suka gak tegel sendiri liat orang gak berhelm melaju ditengah jalanan berdebu di belakang truk-truk, kok bisa ya, dalam hati kok zalim banget ama mata gak dikasih pelindung, debu masuk ke mata, kalau sebagian dari debu itu mengandung virus? Gimana?

  4. Ya dari jaman pake bebek sepatu udah pake boots malah di komentarin suka riding ya….lah kaki gue mahal kali makanya mending pake sepatu boots ketimbang resiko kenapa2 gara2 pake sendal doang….sekarang sih liat2 situasi karena udah pake matic dimana posisi kaki lebih terlindungi tapi kalo ngantar sih dah pasti standar sepatu boots, helm open face standar DOT, jaket, + sarung tangan….

  5. selamat menunaikan ibadah puasa om Elang…….ngomong2 sy mau ganti gir njmx
    …maunya biar top speed nambah dikit,tapi di macet gak lelet banget (ngarep.com)….ada saran gak om ????? tq

  6. Kalau pakai motor sport lebih kudu tuh. Memang mas Elang rada lucu pakai kneeprotector melulu. Saya pikir memang perlu kok. Tapi kalau ada kneeprotector yang dibuat agar gak mencolok keren juga tuh. Oya justru kalo ada orang pakai safety riding full begitu saya paling suka ngitilin mereka dari belakang. Gagah aja menurut saya.

  7. Pakailah logika dan rasio, buat saya cukup aneh saja dgn style spt itu krn dgn dalih adalah utk SAFETY. Perlu Elang dan para riders ketahui seberapa besar pengaruh knee protector, sepatu boots, rompi, masker, dll.
    Coba anda kaji 1 per 1 dr item2 tsb. Item2 tsb klo memang membuat aman apakah bahannya cukup signifikan serta memenuhi standard?
    Klo memang dgn dalih ingin agar aman dan bebas dr virus saat dibelakang truck/bus apakah ada jaminan dgn pemakaian helm fullface dan masker virus tdk bisa masuk? Virus itu bentuknya kecil bisa nembus kemana saja.
    Saat anda jatuh/tabrakan apakah anda pasti tidak akan terluka? Pasti akan dijawab utk mengurangi, capee dehh

    Klo memang ingin agar aman knp tidak pakai mobil atau angkutan umum. Jgn krn alasan biaya operational/bensin yg mahal tp coba anda lihat dr diri sendiri rokok naik saja masih bisa kebeli sehari 2-3 bungkus bahkan kopi jg dibeli (setiap hari).
    Lalu jgn lah bangga dgn menjadi seorang rider sebelum anda para biker bisa mengendarai motor bisa dgn tertib, rapi dan sopan seperti Driver. Sudah garansi para Bikers pasti tidak akan mungkin bisa mengendarai motor dgn tertib, rapi dan sopan spt Driver, kelihatan EGO Biker lebih tinggi drpd Driver. Klo anda tdk percaya silahkan anda lihat dlm kehidupan sehari2 mana yg lebih santun tertib rapi dan sopan dijalan antara Bikers dan Drivers πŸ™‚

    • Thanks mas bro wis mampir di blog.

      Ini namanya ikhtiar mas, seperti halnya di mobil pakai sabuk pengaman untuk menghindari benturan saat terjadi hal-hal terburuk. Namun kenyataannya sudah pakai sabuk pengaman tetap bisa kebentur.

      Kalau dicompare head to head antara bikers dengan drivers pastinya sama aja. Harap dimaklumi kalau motor karena dari fitrahnya lebih kecil lebih lincah untuk selap selip. Kalau mobil pada rapi itu juga karena faktor infrastruktur jalan yang memaksa mobil harus tertib di jlnan kota(karena macet). Tapi lihat saat di tol tak jarang Elang lihat banyak drivers main asal-asalan salip kencang mengambil dari sisi kiri bahu jalan. Blm lagi fenomena di jalur pantura atau lintas sumatera, begitu infrastruktur jalan mendukung, giliran motor yang dizalimi bis-bis, truk juga mobil pribadi memaksa motor untuk minggir hingga akhirnya kudu keluar jalan.

      Jadi sebenarnya kembali ke etika pengendara masing-masing, dan moral terbentuk dari pendidikan dalam keluarganya. Dari dalam keluarga menentukan etikanya di luaran. Apa yang ditampilkan bikers/drivers di jalanan sesungguhnya menggabarkan bagaimana latar belakang kehidupan di dalam keluarganya.

      #kepanjangan

      * alhamdulillah Elang bukan biker yg merokok dan gak doyan kopi πŸ˜€

  8. Yth Mas brow Kurniawan : Ane s’pendapat ma ente tp sayang para biker sgt sulit utk mengerti cz biker emang lebih tinggi tingkat egoisme n gk pernah mau d salahin. Ane bs blg ky gini krn ane sbg biker n byk kumpul2 dg para rider2 laen (depok/margonda) tp 1 pun gk akan pernah mungkin bs tertib spt mobil. Sering kali ane kesel dg para rider d jln seolah2 jln an milik mereka n sering rider jd raja jln an t’bukti angkot, mbl, bis, truk n p’jln hrs ngalah/minggir krn motor mau lewat. Slalu aja dalih mereka para rider dg 1aspal, sm2 bayar pajak, dll tp mau bgm lg Mas Bro spt itulah dunia bikers dunia org menengah kebawah dunia org yg hanya mentingkan rasa ego krn mereka pun jg scr gk lgs ingin bs nyaman spt anda sbg driver tp apa daya financial gk mampu dg dalih lg pakai motor agar cepat sampai pdhl yg paling utama krn faktor BBM dan financial.
    1hal lg yg Mas bro perlu tau dr dunia biker adalah mereka para riders m’halalkan sgl gaya/style n sgl cara d jln bahkan p’langgaran bkn suatu mslh buat biker tp kalo ada mslh d jln bikers hrs siap2 kabur or ribut. Ini nyata Mas bro…

    • Yah, nama~nya tipikal2 rider seperti itu selalu akan ada bro, … tinggal dari kita~nya saja~lah, … bisakah kita menjadi rider yang tingkah laku~nya justru “kebalikan” dari mereka2 tersebut … misal~nya saja, mereka cenderung ngebut/ugal2~an ..kita malah tertip & ta’at lalu lintas …. Mereka nerobos lampu merah .. kita bersabar menunggu lampu hijau barulah jalan … mereka tidak punya sim/pajak mati tahunan … kita punya sim & ta’at membayar pajak … mereka ngga pake helm & sendal jepit aza, kita helm lengkap dengan jaket sarung tangan & sepatu …. Mudah2~an dengan perilaku2 kecil kita yang kita usahakan jaga di jalan raya, …. jika sewaktu2 kita kebetulan kena musibah gara2 ulah mereka di jalan raya … masyarakat bisa menilai sendiri ko … mana rider yang benar & mana rider yang ugal2~an … salam brotherhood bro … =)

  9. setuju bgt sama yang di atas ane….
    “spt itulah dunia bikers dunia org menengah kebawah dunia org yg hanya mentingkan rasa ego krn mereka pun jg scr gk lgs ingin bs nyaman spt anda sbg driver tp apa daya financial gk mampu dg dalih lg pakai motor agar cepat sampai pdhl yg paling utama krn faktor BBM dan financial”

    • Jgn memojokkan salah satu,, koreksi diri sendiri saja,, cara berfikir seseorang sangat dipengaruhi oleh kepribadiannya, maka jangan berpikiran negatif tentang orang lain. 1 hal lagi, jgn pernah memojokkan orang dengan dalih financialnya, karna rejeki sudah ada yg mengatur, jgn menjadi orang yang sombong karna memiliki harta yg sedikit lebih di atas mereka.. sya tersinggung dengan kata kata β€œbikers itu sbnrnya pingin seperti diver tp apalah daya financial tak mampu” sya bikers motor super sport, dan sya memeiliki beberapa koleksi nya dan tentunya 1 unitnya jauh lbih mahal dripada mobil mpv yg umum di jalanan.. sya lbih suka mengendarai motor daripada mobil, brngkat kerja pun sya lbih suka d temani oleh bebek matic sya daripada mobil, walaupun ada beberapa mobil d rumah, karna menggunakan matic bagiku lbih nyaman, cepat dan hemat, ketimbang harus membuang2 bahan bakar mobil karna kemacetan, bagiku klw pakai mobil pribadi lbih tidak nyaman, karna gas emisi jauh lbih bnyak ketimbang motor dan jika bnyak pengguna jalan lbih memilih mobil pribadi bisa anda bayangkan betapa kotornya udara di sekitar, klw macet brp bnyak bhan bakar terbuang sia sia di jalan, trz waktu juga tidak bisa cepat karna harus menunggu kemacetan,, sebenarnya ingin menggunakan transportasi umum, tp apalah daya transportasi yg ada saat ini bagiku blm memadai(kurang nyaman).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*