Mencoba produk baru YIMM, Yamalube Carbon Cleaner

Well di ajang Pekan Raya Jakarta beberapa waktu lalu Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memperkenalkan produk barunya yang bernama Yamalube Carbon Cleaner (YCC). Kebetulan waktu Elang nyambangi booth Yamaha Elang bertemu Pak Robby yang mengepalai bagian spare part di YIMM berbaik hati memberikan sampel YCC kepada Elang. Yo wis baru hari ini Elang menyempatkan untuk mencoba YCC ini ke MX Strada. Yamalube Carbon Cleaner ini adalah produk baru yang berguna untuk membersihkan arang-arang atau karbon di ruang bakar silinder sisa hasil pembakaran. Caranya adalah dengan melalui tanki bahan bakar langsung yang dicampurkan ke BBM sehingga cairan YCC ini ikut terbakar bersama bahan bakar yang digunakan.

 

Takarannya menurut penjelasan Pak Robby adalah 5 liter bensin untuk 1 botol YCC. Nah bagaimana kalau NJMX yang kapasitas tangkinya cuman 4,5 liter? Menurutnya tidak masalah, malah jika BBM lebih dari 5 liter menjadi kurang efektif. Ohya pastinya YCC ini adalah bahan yang mudah terbakar (flammable) berwarna bening agak kekuning-kuningan, memiliki nilai oktan agak rendah sekitar 80an pada putaran langsam.

Bagi Elang pribadi dengan adanya YCC ini cukup senang karena menjadi solusi praktis untuk memperlama waktu service besar. Seperti bro sis sama-sama tahu, salah satu agenda service besar adalah membersihkan arang di piston dan head silinder. Elang bukan anti service besar sesuai anjuran pabrikan, tapi jika motor masih enak gak perlulah service besar. Elang kurang srek dari pengalaman yang sudah-sudah (dengan old MX), kurang srek aja dengan hasil kerja mekanik beres dalam melakukan service besar. Kurang percaya dengan hasil tangan mekanik saat merakit ulang blok silinder, kadang sil kurang rapatlah, bocorlah… aaargh gak tega rasanya NJMX dibongkar mesinnya seperti old MX dulu.

Nah dengan adanya YCC ini asalkan pemakaiannya teratur setiap 3000km sekali ini bisa mengurangi efek arang/karbon sisa-sisa pembakaran yang menempel pada piston dan head silinder. Agar lebih efektif lagi saat mengisi YCC ke dalam tangki BBM yang digunakan kudu Pertamax minimal. Untuk NJMX takaran simpelnya masukkan 1 botol YCC ke dalam 4,5 liter Pertamax aka isi full tank.

Sebelum memakai YCC ini MX Strada Elang punya habit sekali seminggu isi pertamax 1 koma sekian liter aka 10rb rupiah dengan maksud agar sedikit mengikis sisa-sisa arang selama 1 minggu motor dipakai minum premium terus. Nah dengan adanya YCC ini jadwal minum pertamaxnya dirapel sebulan sekali isi full tank bersamaan dengan jadwal minum YCC untuk membersihkan karbon.

Last, harga Yamalube Carbon Cleaner relatif terjangkau Rp. 21.000 so apapun motor bro sis sekalian (Yamaha) bisa coba gunakan YCC ini secara rutin setiap 3000km agar gumpalan arang dan carbon bisa diminimalisir di ruang bakar. Bagi motor yang masih baru, jika kilometer sudah mencapai 9000km, sudah bisa dicoba untuk minum cairan ini..hehehe maksudnya campur ke tangki BBM bro sis.

Silahkan dikomentari dan semoga bermanfaat.

30 Komentar

  1. selama ini ane pake pertamax campur bensin gan, 5000 bensin 15000 pertamax, apalagi kalo ditambh YCC, semoga bisa bersihin kerak2xnya.

  2. Awal bln agustus di km 10 ribua an, saya campur kan 2 btl di tangki vixi pada saat pengisian Sh**l.
    Saya pikir lebih baik mulai sekarang, dr pada nanti.
    Utk next nya, saya pakai 1 bln sekali, dgn harapan agar arang di piston dan head silinder bisa di minimalisir.

  3. saya udh coba yamalube carbon cleaner,motor vega zr 2009 kilometer 56rb,tarikan udh lambat bgt ,pas pake YCC,tarikan dan kompresi kerasa lbh padat,lumayan membantu lah….

  4. Wah nih produk masuk kategori ajaib dah, 2 minggu kemaren gw tuangin 2 botol kedalam tangki yg berisi 12liter pertamax plus..
    Hasilnya setelah 2 hari jalan @90km an, hari ketiga beuh, enteng bgt tarikannya, berasa kaya baru ganti oli, ampe skrng masih berasa, pokoknya beda dah.
    Thank yamaha, udah ngeluarin produk canggih dan ajaib.

  5. trnyata bkan cuma buat mtor injeksi yah,,
    makasih infox mas Elang…
    sbenerx pngen nyoba ne produk tp kirain cm buat mtor injeksi doank….
    segera akan d apLikasikan k redMX…. ^_^

    saLam kenaL dr SUL_SEL…
    (new visitor)

  6. w baru enriyen Jupie Z1 10km pake YCC trus diminumin pertamax tiap isi…
    berhubung liat kompressi 9,3 : 1 minum premiun ntar motor batuk2 lg..klo dipakein komix u org klo motor???wkwkwkwk…..

    Note : Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati (Kerak karbon)

    • kalo menurut saya sih, tetep milih premium. pertimbangannya saya pribadi gak pernah lihat piston atau apalah namanya, rusak karena kerak karbon. jika dihitung2 sih, selisih pertamax dan premium ditabung. ntar kalo ada kerusakan ya tinggal ambil dari tabungan tadi. disamping itu juga di dealer/bengkel juga ada fasilitas pembersihan karbon. jadi pembayarannya bisa menggunakan tabungan tadi

      yang lebih sip sih, paling juga sebelum rusak karena kerak karbon, udah ganti motor hehehhehe

  7. sy bru denger th da YCC, jd bner2 dcmpur sm bensin/dtuang dtangki’a?
    Saat pncampuran pa rus full bensin+ 1 btol YCC?
    _Sy msi baru ni pke Red NJMX Manual 2012

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Yamalube PEA Carbon Cleaner Produk Ajaib??? « Nichoz Blog
  2. Warung Sejutaumat | Mulai terasa manfaat Yamalube Carbon Cleaner pada NJMX
  3. Impresi Shell V-Power, langsung terasa di awal tarikan » Warung Sejutaumat
  4. Mulai terasa manfaat Yamalube Carbon Cleaner pada NJMX | Warung Sejutaumat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*