Modifikasi untuk Motor Harian yang Bijak

Well, dulu sewaktu Elang masa pertama kali punya motor 😀 pernah diomelin ortu dan abang di rumah karena terlalu usil modifikasi motor Smash yang gak jelas arah fungsinya. Elang masih ingat kata-kata ayah dulu yang menekankan begini “Ndrik kalau modifikasi motor itu bukan mengurangi part motor, tapi menambah part yang bermanfaat“.

Sejak omelan itu, Elang jadi terpatri kalau ingin melampiaskan hobi modifikasi ke motor yang masih berfungsi untuk motor harian haruslah menambah komponen, bukan mengurangi komponen.

Contoh modifikasi motor harian yang bermanfaat dengan tidak mengurangi fungsi part standar paling gampang diliat adalah penambahan utiliti box belakang. Elang yang sudah 1 tahun lebih memakai utiliti box cukup terbantu dalam berkendara. Mulai dari tas ransel, jas hujan bahkan helm cukup dimasukkan ke box, hasilnya berkendara puluhan kilometer jadi terasa nyaman tidak dibebani berbagai bawaan yang menggantung di badan maupun pada body motor.

Modifikasi berikutnya yakni pemasangan hand guard yang bisa diterapkan di motor batangan juga motor bebek dan skutik. Manfaatnya sudah pasti untuk menambah keamanan tangan kanan pengendara dari benturan kendaraan lain dari arah berlawanan. Fungsi lain juga untuk menghindari handle rem depan tersentuh kendaraan lain yg bisa menyebabkan kecelakaan.

Banyak Elang temukan biker yang memodifikasi spakbor belakangnya dengan spakbor lebih kecil dan meruncing, malah ada yang melepas sama sekali spakbor dengan alasan agar tampilan lebih racy dan sporty. Menurut Elang kurang bijak modifikasi seperti itu, karna selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain di kala hujan.

Masih banyak bentuk modifikasi yang bisa dilakukan karena yang namanya modifikasi tidak ada batasannya. Namun kembali ke hal yang Elang tekankan dalam artikel ini, selama modifikasi masih untuk motor harian monggo nambah part/aksesoris yang bermanfaat boleh, tapi jika harus melepas dan mengurangi part monggo dipikir-pikir kembali.

15 Komentar

  1. Ada ga Handguard untuk motor bebek yang pake lampu? Klw bisa yang ga pakai ngelubangin/bor sana sana di body motor.

    • ada beberapa bebek yang masih terlihat ok walaupun pasang hand guard, umumnya bebek-bebek yang desain body belakangnya gambot seperti NJMX manual clutch ini :D, kl Vario 125 PGM-FI ane cek juga masih pantes.

      but bagi yang sudah pake dalam jangka waktu lama, pantes gak pantes jadi gak penting karena lebih mementingkan manfaatnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*