[Jelajah] Melintasi Jalur Alternatif Puncak via Bukit Pelangi Sentul

Mungkin kebanyakan mas bro biasa melewati Puncak via jalur utama Jl. Raya Bogor atau mungkin via jalur Jonggol Cileungsi. Namun bagi sebagian warga Cibinong, Gunung Putri atau Cikeas sudah pasti mengenal jalur alternatif menuju Puncak melalui jalur Bukit Pelangi Sentul.

Well, mulanya Elang tau dari informasi-informasi di blog tentang jalur alternatif ini yang menurut komentar-komentar pembaca jalurnya cukup mulus, banyak kelokan-kelokan yang menantang dan jarang macet. Yo wis kali ada waktu Elang coba explore rute ini, dan berikut catatan singkat pengalaman melewati jalur alternatif ini.

Starting point dari kawasan Cibinong (Jl. Raya Bogor) bertemu dengan pertigaan Mitsubishi ambil kiri masuk ke jalan Alternatif Sentul. Begitu bertemu pintu masuk Sirkuit Sentul ambil kanan masuk ke jalan Kadumanggu menuju Pasar Babakan Madang. Begitu masuk pasar belok kanan masuk ke jalan raya Babakan Madang.

Bertemu Terminal Bukit Sentul ambil kanan lalu belok kiri menuju Bukit Pelangi (Rainbow Hills Golf). Ikuti terus jalanan lurus hingga ketemu plang Rainbows Hills Golf. Kasih salam ke satpam saat memasuki gerbang Bukit Pelangi, dan perjalananpun bisa dilanjutkan. Beberapa jalur didapati sangat curam tikungannya jadi sebaiknya kalau lewat jalur ini di siang hari saja dan jangan sendirian. Keluar dari kawasan Bukit Pelangi tak terasa kita akan sampai di daerah Gadog (Puncak).

Bagi Elang pribadi jalur ini adalah jalur yang bisa mas bro lewati jika bosen dengan kemacetan Puncak baik itu di titik Tajur, maupun di titik Ciawi dan pintu tol. Jarak antara Gadog hingga pintu Sirkuit Sentul terhitung hanya 26 kilometer, bisa ditempuh hanya dengan kurang lebih setengah jam, cukup signifikan memangkas waktu dari jalur biasa melewati Jl. Raya Bogor yang bisa 1,5 jam jika sama-sama start dari Cibinong (belum lagi terkena macetnya).

Last jalur ini jalanan aspalnya cukup baik, namun untuk kendaraan mobil mungkin kurang menyukai daerah alternatif ini karena banyaknya tikungan. Namun bagi pengendara motor jalur ini memiliki kenikmatan tersendiri melibas tikungan demi tikungan. Monggo dicoba..